Penilaian Kinerja Kepala Madrasah: Langkah Meningkatkan Profesionalisme Pendidikan

Kepala Madrasah memaparkan profil dan hasil kinerja di madrasah

Suaq Bakong (Humas) – Dalam rangka memastikan kualitas pendidikan di lingkungan madrasah tetap terjaga dan terus meningkat, kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) digelar dengan penuh semangat. Acara ini dihadiri oleh Kepala Madrasah Muslizar, S.Pd, beserta tim penilai kinerja, yaitu Umar Dawi, S.Pd.I., MM dan Muslim, S.Pd serta seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MTsN 2 Aceh Selatan.

Dalam sambutannya, Muslizar, S.Pd menyampaikan apresiasi atas kehadiran tim penilai dan menekankan pentingnya penilaian ini sebagai sarana refleksi dan peningkatan kualitas.

“Penilaian kinerja ini bukan hanya formalitas, tetapi menjadi momen untuk mengevaluasi apa yang sudah dicapai dan memperbaiki apa yang masih kurang. Kami berharap hasil penilaian ini dapat menjadi pedoman untuk terus berinovasi dalam memajukan pendidikan di madrasah ini,” ujarnya.

Tim penilai yang terdiri dari Umar Dawi, S.Pd.I dan Muslim, S.Pd, memulai kegiatan dengan melakukan wawancara mendalam dan pemeriksaan dokumen administrasi. Penilaian ini mencakup berbagai aspek, termasuk manajemen madrasah, kepemimpinan, pengelolaan sumber daya, serta keberhasilan program kerja. Kedua penilai tersebut juga melakukan observasi langsung terhadap lingkungan madrasah dan mendengar masukan dari tenaga pendidik dan kependidikan.

Umar Dawi, S.Pd.I, selaku anggota tim penilai, menjelaskan bahwa PKKM bertujuan untuk memberikan gambaran obyektif mengenai kinerja kepala madrasah.

“Kami berharap penilaian ini dapat menjadi motivasi bagi kepala madrasah untuk terus meningkatkan kompetensi dan dedikasi dalam mendidik generasi bangsa,” ungkapnya.

Muslim, S.Pd, menambahkan bahwa penilaian ini juga menjadi bagian dari upaya membangun madrasah yang unggul dan berdaya saing.

“Kami tidak hanya menilai, tetapi juga memberikan rekomendasi untuk perbaikan ke depan. Harapan kami, madrasah ini dapat menjadi model dalam pengelolaan pendidikan yang efektif,” kata Muslim.

Kegiatan ini berlangsung lancar dengan antusiasme dari seluruh pihak yang terlibat. Penilaian ini diharapkan dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi para siswa. (ZA)